Pemilihan Perangkat Lunak (Buat Pilihan yang Tepat)

Brandon 0

Pemilihan software: Secara umum, lebih baik memiliki lebih banyak pilihan daripada lebih sedikit. Hal ini berlaku terutama untuk dunia bisnis dalam konteks panggilan tender atau perbandingan pra-pembelian. Perangkat lunak perusahaan adalah pembelian yang mahal selama beberapa tahun dan memiliki solusi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda sangatlah penting. Membatasi pilihan Anda sejak awal bukanlah ide yang baik dari sudut pandang bisnis.

un demikian, solusi pemulihan data tidak 100% aman, jadi lebih baik pilih alat yang tepat! Seperti memulihkan.

 

Empat tips untuk membuat pilihan yang tepat

1. Menuntut lebih banyak pilihan solusi

Dalam hal pemilihan perangkat lunak, tujuan pada tahap awal adalah untuk menjaga pencarian Anda semaksimal mungkin, agar tidak membatasi pilihan perusahaan Anda. Lebih baik memulai dengan ide yang jelas tentang kebutuhan bisnis. Ini mencakup semua jenis pengguna akhir (alasan di luar layanan Anda). Sebagian besar jenis perangkat lunak perusahaan melibatkan dan digunakan oleh orang-orang di berbagai bagian organisasi, terkadang bahkan di luar (pikirkan misalnya penyedia layanan / pemasok yang mengakses sistem manajemen rantai pasokan).

Alih-alih berbicara hanya dengan satu atau dua vendor perangkat lunak pada tahap awal pencarian Anda untuk item perangkat lunak baru, Anda harus mulai dengan memikirkan tentang jenis solusi perangkat lunak yang dibutuhkan organisasi Anda. Misalnya, apakah Anda memerlukan perangkat lunak rekrutmen atau sistem manajemen modal manusia (HCM) lengkap yang lebih baik untuk Anda? Pertimbangkan bagaimana perangkat lunak akan digunakan oleh setiap kelompok pemangku kepentingan.

2. Waspadai rekomendasi perangkat lunak

Skenario tipikal, yang juga merupakan jebakan umum, adalah rekomendasi dari individu. Seseorang di organisasi Anda, atau bahkan pihak ketiga tepercaya, merekomendasikan produk tertentu. Dalam hal ini, kemungkinan jebakan terkait dengan orang yang membuat rekomendasi. Berikut beberapa tanda peringatan yang perlu diperhatikan:

Sebuah penerbit perangkat lunak tertentu menyarankan solusinya. Sangat kecil kemungkinannya dia akan merekomendasikan produk orang lain dan dia akan mengatakan bahwa jawabannya adalah “sempurna” untuk kebutuhan bisnis Anda. Kejutan yang sebenarnya adalah mendengar dia berkata sebaliknya dan merekomendasikan produk dari salah satu pesaingnya. Ini tidak selalu berarti kurangnya kejujuran di pihaknya. Adalah logis bahwa dia mengetahui hasilnya dengan sempurna dan perspektif ini akan dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalamannya yang luas tentang produknya. Namun, sudut pandangnya terbatas. Ingatlah itu.

3. Pikirkan baik-baik tentang siapa yang Anda pilih untuk mengawasi proyek pemilihan

Proyek pemilihan perangkat lunak yang sesuai dimulai dengan penilaian komprehensif atas kebutuhan bisnis Anda. Seseorang harus ditunjuk untuk memantau keseluruhan proses dari awal sampai akhir. Evaluasi harus mencakup kebutuhan semua pemangku kepentingan, bukan hanya kelompok utama. Satu cara untuk menghindari pendekatan yang terlalu membatasi hanya pada satu atau dua pemasok adalah dengan memastikan bahwa kebutuhan semua pemangku kepentingan telah diperhitungkan. Berhati-hatilah dengan “pakar” yang sangat memahami bidangnya, tetapi mungkin tidak menyadari kebutuhan dan kekhawatiran pengguna bisnis Anda. Orang ini bisa sangat kompeten untuk mengidentifikasi persyaratan, tetapi penting untuk mendapatkan kontribusi dari setiap sektor perusahaan yang akan menggunakan atau terpengaruh langsung oleh perangkat lunak baru.

Bagaimana dengan konsultan eksternal? Mungkin menarik untuk menggunakan konsultan luar untuk memandu proyek pemilihan perangkat lunak Anda, tetapi pastikan itu tidak bias. Ingatlah bahwa tujuannya adalah untuk mempertimbangkan semua kemungkinan kuat di antara berbagai pemasok agar tidak membatasi pilihan Anda, termasuk pada tahap awal. Jika konsultan eksternal yang bekerja dengan Anda mewakili satu atau lebih vendor, kecil kemungkinannya dia akan mempertimbangkan opsi di luar daftar vendor yang berkolaborasi dengannya. Pastikan bahwa Individu yang Anda pilih untuk membantu Anda tidak memihak dan tidak memperhatikan merek.

4. Jangan fokus pada citra merek penerbit

Penerbit yang akan datang hari ini mungkin menjadi lokomotif masa depan. Beberapa faktor penting, seperti bantuan teknis. Di sisi lain, reputasi pemasok tidak begitu penting atau tidak penting sama sekali. Memilih perangkat lunak bisnis bukanlah masalah prestise: alamat bisnis yang bergengsi, resepsi dan ruang konferensi yang mengesankan, atau bahkan nama merek yang menarik seharusnya memiliki pengaruh yang kecil terhadap pembelian. Ini, atau setidaknya ini biasanya merupakan keputusan praktis. Apakah perangkat lunak menyediakan semua fungsi yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda? Apakah pengguna dengan mudah menyesuaikannya? Apakah itu dapat diandalkan? Apakah ini nilai tambah yang baik dalam laba atas investasi (ROI)? Ini adalah faktor yang paling kritis.

Laju perubahan perangkat lunak perusahaan sangat cepat. Demikian juga, biasanya dipengaruhi oleh teknologi yang sedang berkembang dan bisnis yang selalu berubah