Bagaimana cara menghapus virus dari sistem Anda?

Brandon 0

Virus komputer adalah program yang dimuat dalam sistem tanpa sepengetahuan pengguna. Virus ini tidak terbentuk secara alami tetapi disebabkan oleh manusia. Setelah memasuki sistem Anda, itu akan dilampirkan ke program lain dan ketika host mulai bekerja, virus mulai berfungsi. Virus dapat menggambarkan dirinya sendiri dan memasukkan dirinya ke file lain, merusak file dalam prosesnya.

Beberapa virus tetap lemah selama kodenya tidak dijalankan sementara yang lain menjadi dominan ketika program tertentu dijalankan. Masalah penting yang terkait dengan virus komputer adalah virus itu menyebar dengan cepat dari satu sistem ke sistem lain. Virus menempel sendiri ke file atau program dan ketika Anda mengirimkannya ke komputer lain melalui mail, disk atau metode berbagi file, itu mulai menginfeksi program di komputer tujuan dan proses terus berlanjut sampai virus dihapus.

Karena semakin banyak orang yang menyadarinya, pembuat virus mulai menggunakan lebih banyak strategi untuk menghindari deteksi mereka. Beberapa virus dilampirkan ke program atau file tanpa mengubah ukuran file sementara beberapa memastikan bahwa tanggal terakhir diubah tetap sama ketika mereka menginfeksinya. Semua ini membuat penghapusan virus komputer lebih penting. Meskipun dengan teknologi saat ini sulit untuk mendeteksi virus, beberapa gejala di bawah ini dapat membantu Anda mendeteksi virus di komputer Anda.

Komputer bekerja lebih lambat dari biasanya
Anda tidak dapat mengakses beberapa file Anda
Beberapa program mungkin terbuka dan berjalan sendiri
Anda melihat beberapa file yang tidak dikenal di sistem Anda
Jika Anda melihat masalah seperti itu di sistem Anda, sistem Anda mungkin terinfeksi virus atau sistem malware. Anda harus segera bereaksi terhadap gejala tersebut dengan menyewa penyedia layanan perbaikan komputer di tempat atau ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah ini.

1. File sementara harus dihapus
File sementara tidak hanya membantu Anda menyingkirkan beberapa virus atau malware, tetapi juga membebaskan ruang disk dan meningkatkan kecepatan sistem. Sebelum memulai pemindaian virus, buka tab pencarian di jendela Microsoft dan ketik run. Setelah ini, tab akan terbuka, ketik temp di atasnya dan semua file sementara akan terbuka, hapus satu per satu atau pergi ke menu mulai, pilih program dan kemudian klik aksesoris. Setelah ini klik pada alat sistem dan kemudian klik pada pembersihan disk.

2. Unduh antivirus
Antivirus memainkan peran penting dalam menghapus antivirus dari sistem Anda. Namun tidak mencakup semuanya, namun, ini akan membantu Anda mempersempit masalah. Unduh antivirus yang memberikan perlindungan waktu nyata. Antivirus ini berjalan di latar belakang dan terus memeriksa virus dan malware.

3. Putuskan dari internet
Jika Anda telah mendeteksi virus di sistem Anda dan mencoba untuk menghapusnya. Maka yang terbaik adalah memutuskan koneksi komputer Anda dari internet. Ini akan membantu Anda mencegah komputer Anda dari kerusakan lebih lanjut dan membiarkan Anda membersihkan komputer Anda tanpa masalah karena beberapa virus komputer menggunakan koneksi internet untuk mengaktifkan dan menyebarkan dirinya sendiri.

4. Nyalakan ulang komputer
Untuk mencegah penyebaran infeksi, saat Anda mencoba menghapus virus dari sistem Anda. Mulai ulang sistem Anda dan tekan F8, ini akan memunculkan opsi boot lanjutan. Setelah klik ini mode aman dengan jaringan, ini akan membantu Anda tetap terputus dari jaringan. Jika Anda menggunakan Mac maka prosesnya akan berbeda.

5. Jalankan scan virus
Setelah melakukan semua langkah di atas, jalankan scan virus. Jika ada virus di sistem Anda, setelah memindai Anda akan mendapatkan daftarnya. Pilih hapus untuk menghapusnya secara permanen dari perangkat Anda. Namun, jika Anda memiliki organisasi kecil atau besar yang tidak mudah memelihara setiap komputer, Anda dapat mempertimbangkan untuk meminta bantuan dari penyedia layanan perbaikan komputer di tempat.

6. Jangan lupa untuk memperbarui
Sistem yang ketinggalan zaman lebih rentan terhadap virus dan malware. Jadi, lebih baik selalu perbarui browser dan sistem operasi Anda.